Ulasan HP Omen 27i: 1440p 165Hz 1ms IPS FreeSync Gaming Monitor

HP Omen 27i adalah monitor gaming IPS 27″ 1440p 165Hz dengan kecepatan waktu respons piksel GtG 1 ms yang cepat dan gamut warna DCI-P3 98% yang lebar untuk pengalaman gaming yang responsif dan imersif, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan msi g273qf 1440p 165hz 1ms freesync ips gaming monitor.

Kualitas gambar

Quad HD mungkin adalah resolusi favorit di kalangan gamer PC. Kelihatannya jauh lebih baik daripada 1080p pada monitor 27″ dan 32″ namun tidak terlalu menuntut seperti 4K UHD.

Pada Omen 27i, Anda mendapatkan kerapatan piksel ~108 PPI (piksel per inci), yang berarti banyak real estat layar dengan detail dan teks yang tajam – dan tidak perlu penskalaan.

Selanjutnya, panel Nano IPS menawarkan warna-warna cerah dengan 98% DCI-P3 gamut – yang setara dengan ~135% sRGB! Anda mendapatkan warna yang hidup dan hidup, terutama dalam warna merah dan hijau.

Keuntungan lain dari teknologi IPS adalah sudut pandang lebar 178°, yang memastikan bahwa gambar konsisten terlepas dari sudut pandang Anda di layar; tidak ada pergeseran kecerahan, kontras, gamma, atau warna pada sudut miring.

Mode gambar standar dikalibrasi dari pabrik untuk akurasi warna terbaik. Namun, itu tidak menjepit keseluruhan dan tidak ada mode emulasi sRGB yang akan membatasi gamut asli ~135% sRGB panel hingga ~100% untuk representasi konten sRGB yang lebih akurat (sebagian besar game dan konten web).

Ini berarti Anda akan mendapatkan warna yang terlalu jenuh kecuali Anda mengkalibrasi dan membuat profil monitor menggunakan kolorimeter khusus. Beberapa pengguna sebenarnya lebih menyukai saturasi ekstra, sementara yang lain lebih menyukai tampilan emulasi sRGB yang lebih alami.

Jika Anda memiliki kartu grafis AMD, Anda dapat menjepit keseluruhan melalui perangkat lunak Radeon, tetapi fitur ini tidak tersedia untuk GPU NVIDIA.

Selanjutnya, monitor memiliki kecerahan puncak 350-nits, yang lebih dari cukup dalam kondisi pencahayaan normal.

Rasio kontras berkisar dari 700:1 hingga 1.000:1, tergantung pada unitnya, jadi warna hitam tidak akan sedalam monitor VA yang membanggakan rasio kontras ~3.000:1 yang lebih tinggi tetapi memiliki kelemahan lain.

Selain rasio kontras di bawah standar, monitor IPS juga mengalami IPS glow – ‘cahaya’ yang mencolok di sekitar sudut layar yang paling terlihat saat konten gelap ditampilkan di ruangan gelap dan dengan pengaturan kecerahan tinggi.

Jumlah pancaran IPS bervariasi di berbagai unit monitor, tetapi dalam kebanyakan kasus, ini dapat diatur, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Input lag HP Omen 27i hanya ~3ms, yang membuat penundaan yang tidak terlihat antara tindakan Anda dan hasil yang Anda lihat di layar.

Selanjutnya, kecepatan waktu respons juga luar biasa. Ada empat pengaturan overdrive waktu respons piksel, mulai dari Level 1 hingga Level 4.

Pada 165Hz, kami merekomendasikan penggunaan Level 2 karena secara efisien mencegah tertinggal di belakang objek yang bergerak cepat tanpa menambahkan terlalu banyak overshoot. Namun, pada kecepatan refresh yang lebih rendah, Level 1 berfungsi lebih baik karena memiliki lebih sedikit overshoot daripada Level 2.

Jika Anda menggunakan kecepatan refresh variabel (VRR), baik itu AMD FreeSync atau Kompatibel dengan NVIDIA G-SYNC, dan kecepatan bingkai Anda sangat berfluktuasi, pengaturan Level 1 memberikan kinerja yang lebih konsisten di seluruh rentang kecepatan refresh karena masih terlihat sangat bagus di 165Hz/FPS.

Opsi terbaik (Level 1 atau Level 2) kemungkinan besar akan bergantung pada kepekaan pribadi Anda terhadap ghosting dan/atau ghosting terbalik serta pada kecepatan bingkai yang dapat Anda pertahankan dalam game tertentu, jadi Anda harus mencoba sendiri kedua mode tersebut dan lihat apa yang berhasil yang terbaik untukmu.

Monitor HP Omen 27i disertifikasi sebagai Kompatibel G-SYNC oleh NVIDIA, sehingga Anda dapat mengharapkan kinerja VRR yang sempurna hingga 165FPS.

Rentang VRR yang didukung adalah 48-165Hz melalui DisplayPort untuk kartu AMD/NVIDIA dan 48-144Hz melalui HDMI untuk kartu AMD.

Dengan konsol Xbox One dan Series, jangkauannya adalah 48-120Hz, dan monitor mendukung mode 1440p 120Hz.

Di bawah 48Hz/FPS, LFC (Kompensasi Framerate Rendah) terus berlanjut melalui penggandaan kecepatan bingkai (47Hz -> 94FPS, dll).

Fitur

Menu OSD (On-Screen Display) HP Omen 27i dapat diakses melalui joystick arah yang ditempatkan di bagian belakang monitor.

Selain alat penyesuaian gambar standar, seperti kecerahan, kontras, dan suhu warna, ada beberapa fitur game yang patut diperhatikan pada Gaming Monitors HP Omen 27i, termasuk berbagai preset gambar, pengatur waktu di layar, overlay crosshair, dan pelacak kecepatan refresh.

Lampu latar monitor bebas kedip, yang selain mode filter cahaya biru rendah dan lapisan layar anti-silau matte, memungkinkan pengalaman menonton yang nyaman bahkan setelah penggunaan layar dalam waktu lama.

Desain & Konektivitas

HP Omen 27i menawarkan desain yang ramping dan kokoh dengan dudukan yang dapat diatur ketinggiannya hingga 130mm, kemiringan hingga -5°/20°, dan kompatibilitas pemasangan VESA (100x10mm).

Ini juga memiliki pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan (warna dan pola yang berbeda) di bagian belakang, yang dapat berguna saat cahaya jatuh di meja Anda dan, misalnya, dapat menerangi keyboard Anda dalam gelap.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.2, HDMI 2.0, jack headphone, dan hub dual-USB 3.0 (satu upstream, dua port downstream).

Karena keterbatasan bandwidth DisplayPort 1.2, Anda dibatasi hingga kedalaman warna 8-bit pada 165Hz. Untuk warna 10-bit, Anda perlu mengurangi kecepatan refresh menjadi 120Hz atau menggunakan subsampling chroma.

Karena tidak ada perbedaan mencolok antara warna 8-bit dan 10-bit di sebagian besar game, ini bukan masalah besar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *